Lingkungan

Kuucapkan salam rindu dan cintaku padamu. Padamu yang selalu menjadi dongeng pengantar tidur.Hijaunya dirimu, segarnya udaramu, dan begitu riangnya binatang yang menjadi tokoh dalam cerita.Aku membayangkan kicauan burung di pagi hari, saat merah-merah diufuk timur mulai nampak. Aku membayangkan lincahnya tupai saat melompat ke pohon untuk menghindari Si Monyet. Aku juga membayangkan ikan-ikan yang menari di air yang jernih. Itulah kisah kedamaian dan ketentraman yang sering kudengar dulu.
Di sana tak ada kecurangan, tidak ada kemiskinan, tidak ada pemimpin namun mereka mampu hidup rukun dan damai.

Mereka tumbuh apa adanya, mereka makan seadanya, mereka hidup hanya dengan naluri dan tak pernah mengancam kehidupan manusia.
Namun, kenapa aku malu menceritakan ini pada keponakanku? Aku takut kalau mereka lebih menyukai kisah film kartun seperti Naruto, Doraemon dan sebagainya, hingga akhirnya menertawakanku lalu menganggapku kolot. Sesungguhnya ketakutan terbesarku adalah aku takut jika mereka menanyakan kondisi dari ceritaku. Aku takut bercerita tentang alam yg indah, sebab sekarang yang kutemui adalah kerusakan, udara tak lagi segar, air danau menjadi keruh, hutan berubah menjadi kota, banyak hewan yang diawetkan dan menjadi pajangan di rumah orang kaya.
Apa mungkin setting ceritaku yang mesti ku ubah menjadi Si Kancil dan Buaya yang berlatar kota? Namun apa mungkin Kancil dan Buaya mampu hidup di kota? Malah, jika kupaksakan aku malah tampak betul-betul tolol.
Sungguh, alam yang kini ada tak seindah dalam cerita. Aku dan beberapa yang lain berusaha untuk tetap manjagamu. Kami begitu merindukan kamu yang ada dalam cerita.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s